Maheswara Tour and Travel » Maheswara News » Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

polder_tawang_semarang_kota_lamaKota lama Semarang adalah salah satu destinasi wisata di Semarang yang menyuguhkan kemegahan arsitektur eropa jaman dulu. Terdapat banyak bangunan-bangunan kuno yang berdisri kokoh, megah dan eksotis yang merupakan warisan peninggalan jaman Kolonial Belanda. Kota lama menyimpan banyak cerita yang tak kan habis untuk di bahas. Di sekitarnya dibangun kanal-kanal air yang sayang sekali tidak terawat dengan baik namun keberadaannya masih bisa disaksikan hingga kini.

Kota lama sendiri mendapat julukan Little netherland. Lokasinya dan arsitekturnya sangat mirip kota di Eropa dan terdapat kanal di sekelilingnya sehingga menjadikannya seperti miniatur Belanda. Bangunan yang paling popular adalah Gereja Blenduk atau yang memiliki nama asli Nederlandsh Indische Kerk yang berusia lebih dari dua setengah abad. Sampai saat ini, gereja ini masih dipakai sebagai tempat ibadah dan menjadi Landmark Kota Semarang. Nama blenduk diambil dari atap yang berbentuk kubah berwarna merah bata dari Perunggu dan terdapat dua menara kembar di depannya. Penyebutan blenduk juga di karenakan penduduk pribumi yang susah untuk menyebut nama dalam bahasa Belanda.

jembatan_berokSelain Gereja Blenduk juga terdapat jembatan atau Burg yang disebut jembata Berok yang dulu menjadi pintu gerbang menuju Kota Lama. Ada juga gedung Marabunta yang unik dengan terdapat ornament semut raksasa di atapnya. Lalu ada juga pabrik rokok Praoe Lajar dan Stasiun tawang. Masih banyak juga bangunan- bangunan kuno yang unik dan kaya akan nilai sejarah. Di sekelilingnya juga terdapat berbagai kuliner yang akan menambah komplitnya wisata di Kota Lama. So.. tunggu apalagi.. silahkan bagi anda yang ingin wisata sejarah dan menyaksikan peninggalan asli Kolonial Belanda di Kota Lama Semarang.


Tags: , , ,
Publish on January 25th, 2014 under Maheswara News by maheswaratourtravel | No Comments »

Post a comment